Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Meminjamkan Uang Kepada Orang Lain!

Meminjamkan uang sering sekali menjadi dilema tersendiri. Karena terkadang si peminjam tidak bertanggung jawab untuk membayar hutang dengan tepat waktu. Dan seringnya, si peminjam lebih galak dari yang meminjamkan. 

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memberi Pinjaman Uang Kepada Orang Lain!
My ID Is Gangnam Beauty
Balada pinjam meminjam uang :
A : "Beb, duit gue yang kemarin lo pinjam udah ada belum?" 
B : "Belum Beb, nanti gue kabari kalau sudah ada ya..."
A : "Bisa tolong dibalikin cepat gak Beb, gue butuh buat bayar uang kost nih..."
B : "Ya elah Beb, lo gak percayaan amat sih. Kalau ada juga pasti gue bayar deh!"
A : T_T

Ketika kamu yang meminjamkan uang benar-benar butuh uang tersebut tapi enggan menagih karena takut menyinggung perasaan si peminjam. Sedangkan si peminjam malah merasa kamu hanya mencari alasan agar uang itu segera dikembalikan, dan mirisnya dia yang marah sama kamu! Kalau sudah begini, siap-siap deh...!!!

Jika kamu tidak ingin mengalami hal yang sama tentang meminjamkan uang, maka sebelum kamu memberi pinjaman, pertimbangkanlah 5 hal ini!

1. Seberapa dekat hubunganmu dengan si peminjam?

Sudah pasti kamu akan lebih percaya meminjamkan uang kepada seseorang yang memang dekat denganmu, seperti saudara ataupun sahabat. Jika dia hanyalah teman dari teman atau orang yang hanya sekedar kenal maka kamu harus mempertimbangkan baik-baik sebelum memberi pinjaman uang. Apalagi jika uang yang dipinjam bukanlah sedikit, jangan sampai setelah dapat pinjaman uang darimu, dia kabur dan kamu kesulitan untuk menghubunginya!

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memberi Pinjaman Uang Kepada Orang Lain!
Jugglers
2. Seberapa kenal kamu dengan karakter si peminjam?

Dilemanya kebanyakan orang yang meminjamkan uangnya adalah ketika si peminjam tak kunjung ada niat membayar bahkan tak ada penjelasan dan kamu merasa tidak enak hati untuk menagihnya.

Jika tidak ingin hal tersebut terjadi, maka jangan pernah meminjamkan uang kepada orang yang kamu benar-benar tidak mengenal baik karakternya. Orang yang bertanggung jawab akan membayar hutangnya tepat waktu atau memberi kabar (alasan) belum bisa membayar sebagai itikad baik. Bukan begitu?

3. Apa kamu tahu sumber penghasilannya dari mana?

Pertanyaan pertama yang terlintas dipikiran ketika ada orang yang meminjam uang adalah "Berapa?" dan "Kapan dibayar?"

Maka dari itu, sebelum kamu meminjamkan uang kepada orang lain, kamu harus tahu dari mana sumber penghasilan orang tersebut. Tentu saja orang yang bekerja memiliki gaji atau jika dia adalah seorang pengusaha, ada hasil yang bisa diharapkan untuk membayar utang.

Jadi, jangan pernah coba-coba untuk memberi pinjaman kepada orang yang belum jelas pekerjaannya. Kamu pasti tidak mau uang yang kamu pinjamkan tidak kembali kan?

4. Bagaimana keadaan dia saat ini?

Ada banyak situasi atau keadaan seseorang yang mengharuskannya meminjam uang kepada orang lain. Salah satunya adalah keadaan keuangan yang sedang buruk. Hal ini sudah pasti akan mempengaruhi kapan dia mampu mengembalikan uang yang sudah kamu pinjamkan. Kalau kamu meminjamkan dengan niat membantu tanpa mengharap dikembalikan mungkin hal ini tidak jadi masalah, tapi kalau niatmu hanya sekedar meminjamkan?

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memberi Pinjaman Uang Kepada Orang Lain!
Wok Of Love
5. Gaya hidupnya selama ini juga wajib kamu pertimbangkan loh!

Terkadang seseorang meminjam uang bukan untuk memenuhi kebutuhan, tetapi untuk memenuhi keinginan. Nah hal ini akan sulit kita bedakan karena bisa saja orang tersebut mengarang alasan agar kamu bersedia meminjamkan uang. 

Untuk itu, gaya hidup orang tersebut juga bisa jadi pertimbanganmu sebelum benar-benar memberi dia pinjaman. Jika dia adalah tipe orang yang hedon bahkan boros, bisa jadi uang yang dipinjamnya hanya untuk memenuhi kesenangannya. Kamu yakin mau meminjamkan uang kepada orang tersebut?

Original created by CEKABE.com

Comments
0 Comments

No comments:

Powered by Blogger.