Terlalu Percaya Diri? Hati-Hati, Bisa Jadi Gangguan Mental Loh!

Narsis - Percaya diri itu memang sangat penting, tapi kalau TERLALU PERCAYA DIRI? Hati-hati, bisa jadi kamu sedang dalam gangguan mental.

Punya teman yang rasa percaya dirinya sangat tinggi? Hingga kapan saja dan dimana saja dia bisa ber-selfie ria bahkan selalu merekam semua kegiatannya dalam sebuah video lalu mengunggahnya ke sosial media. Risih? Sudah pasti, apalagi normalnya tidak semua orang dalam keadaan percaya diri (dibaca: siap) untuk difoto. Dan lagi, tidak semua hal (bahkan yang tidak penting) harus dibagikan ke sosial media bukan? Ada orang yang se-narsis itu? ADA!! Banyak!!

Terlalu Percaya Diri? Hati-Hati, Bisa Jadi Gangguan Mental Loh!
Yang Se Jong
Narsis atau yang dalam istilah ilmiah disebut Narcissistic Personality Disorder (NPD) adalah gangguan psikologis ketika seseorang memiliki rasa percaya diri yang sangat tinggi untuk kepentingan pribadinya dan juga rasa ingin dikagumi.

Narsis termasuk salah satu dari tipe penyakit kepribadian. Seseorang yang menderita gangguan narsis biasanya diiringi juga dengan pribadi yang emosional, lebih banyak berpura-pura, anti sosial dan terlalu mendramatisir sesuatu.

Lalu apa saja penyebab Narsisme itu sendiri?

1. Pendidikan yang 'tidak sehat', contohnya orangtua yang terlalu memanjakan anaknya. Anak yang selalu dimanja dan mendapat banyak perhatian, cenderung mengharapkan perhatian yang sama di kemudian hari, seperti dilansir Healthmad.

2. Efek perubahan kesuksesan atau transient effect of success. Sebagai contoh, seorang gadis muda dan sangat cantik mendapat banyak perhatian karena kecantikannya. Namun setelah 20 tahun kemudian, kecantikannya telah memudar dan tidak mendapatkan perhatian yang sama dari orang-orang disekitarnya.

3. Sikap terlalu diabaikan atau pelecehan saat masih usia anak-anak. Seseorang yang terabaikan di masa kecil dapat berubah yang akhirnya mencoba 'menangkap' perhatian yang dulu tak diperolehnya. Kebutuhan akan perhatian ini akhirnya bisa menyebabkan seseorang mengalami gangguan narsisme.

Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders serta American Psychiatric Association menyebutkan beberapa gejala dan kriteria penyakit narsis, diantaranya :

  • Mementingkan diri sendiri, melebih-lebihkan prestasi dan bakat yang dimiliki, berharap dikenal sebagai orang unggul tanpa ada hasil atau pencapaian tertentu.
  • Terlalu bangga dengan fantasinya dan memiliki tujuan yang tidak realistik tentang keberhasilan yang tiada batas, kekuatan, kepintaran, kecantikan atau kisah cinta yang ideal.
  • Percaya bahwa dirinya sangat spesial dan hanya bisa bergabung atau bergaul dengan orang-orang yang juga memiliki status tinggi.
  • Menunjukkan sifat arogan dan merendahkan orang lain
  • Mudah terluka, emosional dan memiliki pribadi yang lemah
  • Memerlukan pujian yang berlebih ketika melakukan sesuatu
  • Memiliki keinginan untuk diberi julukan tertentu
  • Bersikap egois dan selalu mengambil keuntungan dari setiap kesempatan untuk mendapatkan apa yang diinginkannya
  • Tidak memiliki perasaan empati terhadap sesama
  • Selalu merasa iri hati dengan keberhasilan orang lain dan percaya bahwa orang lain juga iri padanya

Meski tidak ada obat untuk mengatasi masalah gangguan kepribadian ini namun ada terapi yang bisa dilakukan. Orang terdekat, terutama keluarga harus mendukung penuh dan penderita juga harus bersedia melakukannya jika ingin gangguan ini bisa disembuhkan.

Terlalu Percaya Diri? Hati-Hati, Bisa Jadi Kamu Sedang Dalam Gangguan Mental!
Yang Se Jong
Well, jadi seberapa tinggi rasa percaya dirimu? Jangan sampai over confident hingga jadi penyakit ya guys! 😉

Note : Foto hanya ilustrasi

Dikutip dari DETIK.com

Comments
0 Comments

No comments:

Powered by Blogger.