4 Cara Terbaik Mencintai Diri Sendiri Tanpa Harus Bersikap Egois


Menurut WIKIPEDIA, egoisme merupakan motivasi untuk mempertahankan dan meningkatkan pandangan yang hanya menguntungkan diri sendiri. Egoisme berarti menempatkan diri di tengah satu tujuan serta tidak peduli dengan penderitaan orang lain, termasuk yang dicintainya atau yang dianggap sebagai teman dekat. Istilah lainnya adalah "egois". Mungkin lebih sederhana egois itu didefinisikan dengan terlalu mementingkan diri sendiri atau terlalu mencintai diri sendiri. 

4 Cara Terbaik Mencintai Diri Sendiri Tanpa Harus Bersikap Egois
Pict : A Girl Who Sees Smell

Tidak ada yang salah jika kamu memikirkan kepentingan dirimu sendiri asalkan hal tersebut jangan sampai mengorbankan orang lain. Tidak ada yang salah pula jika kamu mencintai dirimu sendiri, karena memang itu penting, hanya saja jangan sampai menyakiti orang lain hanya demi kebahagiaanmu sendiri.

Guys, disini kita tidak membahas dalam tentang bagaimana sifat egois itu sendiri. Akan tetapi bagaimana cara terbaik untuk mencintai diri sendiri tanpa harus bersikap egois.

1. Pahamilah bahwa apa yang kamu inginkan belum tentu kamu butuhkan

4 Cara Terbaik Mencintai Diri Sendiri Tanpa Harus Bersikap Egois
Pict : A Girl Who Sees Smell

Memilah antar keinginan dan kebutuhan tidak semudah mengatakannya. Karena sering sekali orang menganggap bahwa apa yang dia inginkan adalah apa yang dia butuhkan, padahal belum tentu! Kamu harus belajar memahaminya serta membedakan keduanya, kenapa?

Hal ini akan sangat membantumu untuk menentukan sikap terhadap hal-hal yang kamu inginkan tapi ternyata tidak kamu butuhkan. Misalnya saja, kamu menginginkan sebuah Laptop dengan kualitas yang lebih bagus karena kamu sangat suka berselancar didunia maya, padahal kamu sudah memiliki Laptop yang cukup baik untuk koneksi internet. Di waktu yang sama, adikmu membutuhkan Laptop dengan kualitas yang sama karena dia sedang berjuang untuk Skripsinya. Menurutmu siapakah yang paling membutuhkan atau sekedar menginginkannya? Egoiskah jika kamu memaksa untuk tetap membeli Laptop tersebut? (Beda cerita jika kamu punya cukup budget untuk membeli 2 unit sekaligus)

2. Berikan 'AWARD' terhadap apa yang sudah kamu capai

4 Cara Terbaik Mencintai Diri Sendiri Tanpa Harus Bersikap Egois
Pict : A Girl Who Sees Smell

Ada beberapa orang tua yang selalu memberikan hadiah kepada anak-anaknya yang berprestasi. Hal itu bertujuan untuk mengapresiasi kerja keras sang anak dan agar dia tetap semangat untuk lebih berprestasi lagi kedepannya. Nah, kenapa tidak kita melakukan hal yang sama terhadap diri sendiri.

Setiap orang pasti memiliki target untuk dicapai. Misalnya saja, masuk Perguruan Tinggi Negeri terbaik atau diterima di Perusahaan bergengsi. Bukankah untuk mencapai target tersebut dibutuhkan usaha dan kerja keras? Bukankan menghargai pencapaian tersebut adalah bentuk mencintai diri sendiri? Merugikan orang lain? TIDAK!

Hargai apa yang sudah kamu capai dengan susah payah. Berikan 'award' pada diri sendiri. Disaat seperti inilah kamu menghadiahi diri dengan apa yang selama ini kamu inginkan tetapi tidak terlalu kamu butuhkan. Belilah sebagai hadiah dan semangat baru untuk mencapai target selanjutnya.

3. Sayangilah tubuh dan wajahmu dengan merawatnya dengan baik

4 Cara Terbaik Mencintai Diri Sendiri Tanpa Harus Bersikap Egois
Pict : Shin Se Kyung

Baik pria ataupun wanita sering sekali lupa bahwa kesehatan tubuh serta penampilan diri adalah hal penting yang harus dijaga. Umur semakin bertambah sudah pasti kualitas tubuh juga akan semakin menurun. Jika bukan dari sekarang, kapan lagi?

Wanita, menjadi tua dan keriput adalah hal yang menakutkan bukan? Maka dari itu rawatnya dengan baik wajahmu. Cantik itu relatif, tapi bersih, rapi dan wangi sudah cukup membuat orang lain nyaman didekat kita serta menambah kepercayaan diri. Merugikan orang lain? TENTU TIDAK!

4. Jagalah hatimu, mencintai seadanya agar kamu tidak terlalu terluka

4 Cara Terbaik Mencintai Diri Sendiri Tanpa Harus Bersikap Egois
Pict : A Girl Who Sees Smell

Tidak lengkap kalau tidak membahas tentang cinta. Berbicara soal hati, kamu juga harus memahami apa yang membuat hatimu terluka. Sederhananya begini, kamu harus mengenal dirimu sendiri. Apa yang membuatmu bahagia dan apa yang membuatmu terluka. Jika kamu paham, maka kamu bisa meminimalisir luka yang akan kamu terima karena mencintai.

Memang benar, hal ini tidak bisa dengan sendirinya dilakukan. Butuh berkali-kali jatuh baru kita bisa mulai memahami diri sendiri. Tapi tak ada salahnya berusaha memahami sebelum benar-benar jatuh bukan?

Mencintailah seadanya, jangan mendewakan perasaan agar tidak terlalu sakit hati. Seimbangkan dengan logika agar tidak dibutakan oleh cinta. Hanya kamu yang bisa menentukan dengan siapa dan bagaimana kamu bisa menjalani hidupmu dengan baik. Egois? TIDAK! Itu hanya bentuk ketegasan dalam cinta.


Original Created By  CEKABE.com ❤
Comments
0 Comments

No comments:

Powered by Blogger.